Pustaka Protonema merupakan platform kolektif literasi digital ekofeminis untuk keadilan sosial dan lingkungan. Pustaka Protonema berbagi pengetahuan dengan memilihkan, mengumpulkan, mendiskusikan, memproduksi, mereproduksi dan mendistribusikan pengetahuan dari pustaka atau literatur ekologi politik feminis. Produk pengetahuan akan didistribusikan secara daring agar lebih mudah diakses publik.

Nama Protonema diambil dari daur hidup lumut. Lumut pertama kali tumbuh dari spora. Spora berkembang menjadi protonema, kemudian protonema berkembang lagi menjadi gametofor berdaun. Besar harapannya kolektif ini juga terus berkembang untuk berbagi pengetahuan dan persisten bertahan seperti persistensi dan kepeloporan lumut.

Dalam memproduksi pengetahuan, Pustaka Protonema menggunakan perangkat analisis ekologi politik feminis. Ekofeminisme sendiri bukan tentang perempuan yang berjuang untuk dirinya sendiri. Ekofeminisme adalah gerakan yang dimulai oleh perempuan, untuk keluarganya, untuk kelompok yg termarjinalkan, untuk alam non-manusia (non human-nature), untuk keadilan sosial dan lingkungan.

Pustaka Protonema dikelola secara kolektif oleh relawan dari berbagai wilayah di Indonesia. Bersama-sama, relawan juga terus belajar dan berkembang memproduksi pengetahuan ekologi politik feminis. Selamat menikmati perjalanan memelihara pengetahuan bersama Pustaka Protonema!