Tirza

Tirza

Kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah

Tirza lahir pada 2 Juli 1990 di Matungkas, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Perempuan berdarah Manado ini senang mempelajari hal-hal baru seperti menyanyi, melukis, menari, bermusik, berkebun hingga memelihara berbagai jenis hewan. Pendidikan S1 ekonomi di Universitas Klabat ia selesaikan pada 2011. Seolah tidak cukup menjawab rasa penasaran dalam ilmu pengetahuan, baginya bangku sekolah hanya menciptakan orang-orang menjadi praktisi dengan cara pandang dan kerja yang tersistematis.

Tuntutan sosial disekitarnya tentang kehidupan dan pekerjaan yang layak pasca lulus kuliah  membawanya  mencoba berbagai peruntungan seperti menjadi karyawan di perusahaan asuransi, perusahaan BUMN hingga berwirausaha. Namun, naluri kepedulian pada lingkungan dan kaum marginal (nelayan, petani) mengantarkannya pada kesadaran lain bahwa sejauh ini Ia hanya menjadi pekerja untuk menghasilkan keuntungan bagi korporasi.

Akhirnya 2016 Tirza tiba pada satu titik penting yaitu resign dari tempat kerja dan mengikuti seleksi Beasiswa Studi Agraria dan Pemberdayaan Perempuan Sajogyo Institute. Tirza menolak untuk terus menerus menjadi mesin korporasi dan hidup dalam pekerjaan berbasis komputerisasi yang justru mengikis daya kritisnya terhadap sesuatu. Walau sempat ditentang keluarga, namun Tirza telah kukuh dalam keputusanya menjadi bagian dari perempuan yang berjuang untuk tanah dan air.

Catatan Etnografi

Baca Berbagai catatan Etnografi Tirza Disini

Fotovoice

Lihat Fotovoice Karya Tirza

Publikasi

Baca Publikasi dari Tirza