Kelompok Belajar

Silabus Sesi 2

“Sesi 2:  Reorganisasi Ruang, Krisis Sosial Ekologi dan Akibatnya untuk Perempuan”

Krisis sosial ekologis makin terasa dimana-mana, baik di tingkat lokal, nasional maupun regional. Saskia Sassen – sosiolog Belanda-Amerika dalam bukunya Expulsion, Brutality and Complexity in the Global Economy (2015) menunjukan bahwa sebab-musabab dari krisis yang kronis dan berskala lokal, nasional, dan regional ini perlu dipahami dengan cara-cara baru. Ia menyarankan kita berhenti basa-basi dengan menyebut sebabnya dengan istilah inequality, dan membuka mata kita pada fenomena kerja cerdas dari lembaga-lembaga keuangan yang secara baru menghasilkan cara-cara baru, yang dia sarankan mengistilahkannya dengan kata expulsion. Ia menunjukkan bagaimana peran lembaga keuangan menjadi mesin penting perluasan krisis. Mungkin kata “expulsion” ini bisa diterjemahkan menjadi “penyingkiran paksa”. Buku ini menunjukkan trend berlangsungnya fakta-fakta yang diisilahkannya “death land, death water”, dan mereka yang tercampakkan diistilahkannya sebagai “the expelled”. Ini bukan sekedar permainan menghasilkan kata-kata atau istilah-istilah baru, melainkan istilah-istilah lama yang dipergunakan tidak lagi sanggup punya kekuatan yang memadai untuk menjelaskan.

Bagaimana kita memahami krisis sosial ekologi yang kita hadapi, seperti kasus perubahan tata guna tanah pada skala mikro seperti diuraikan Maimunah (2014) di Makroman, Samarinda; atau ekspansi kelapa sawit di skala regional Asia Tenggara seperti diuraikan oleh Colchester dan Chao (2015).

Bacaan Wajib

Maimunah, Siti. 2014. Mencari Makroman di Tanah Pinjaman. Bogor:                      Sajogyo  Institute

Colchester, Marcus dan Shopie Chao. 2015. Ekspansi Kelapa Sawit Di                    Asia Tenggara. Bogor: Forest Peoples Programme dan                         Sawit Watch

Sassen, Saskia. 2014. Expulsion: Brutality and Complexity In The                         Global Economy. Harvard: Harvard University Press.

Live Streaming Sesi 2: Reorganisasi Ruang, Krisis Sosial Ekologi dan Akibatnya untuk Perempuan

Riview Bacaan Wajib

1. Benita Nastami

2. Debby Manalu

3. Rakhma D. Arini

4. Syiqqil Arofat

5. Yusuf 

6. Desmiwati

7. Lina Rintis Susanti

 

Berita

Reorganisasi Ruang Dan Penyingkiran Perempuan

Siaran Pers

Siaran Pers Sesi 2 

Sintesa Tematik

Kelompok Belajar Agraria dan Perempuan