SESI 1: Memahami Ekofeminis bersama  Vandana Shiva

Sesi 1 ruang belajar RubaPUAN adalah membaca karya perempuan yang kritis dari  India, yaitu Vandana Shiva untuk memahami situasi tanah air lebih mendalam. Lewat mendalami  pemikiran-pemikiran  kritis  ekofemniis, ruang belajar ini akan membantu para perempuan memahami literatur, mendiskusikan subtansi, bagaimana menjadi pemantik diskusi, menyusun review  bahan bacaan dan menulis essay.

Putaran belajar dilakukan dalam 4 kali pertemuan online pada pukul 14.00-17.00 WIB setiap Sabtu pertama dan ketiga setiap bulannya, sebelum ditutup dengan workshop menulis Essay. Selama proses belajar, peserta akan mendapatkan akses bacaan dan teman diskusi kritis yang asyik.

 

Peserta wajib membaca bahan bacaan yang disediakan, menuliskan reviewnya sesuai panduan  berikut “Nanos Gigantum Humeris Insidentes: Sebelum Meneliti Susunlah Bibliografi Beranotasi dan Kajian Pustaka”. Peserta secara kelompok akan bergantian diberikan kesempatan menjadi pemantik diskusi.

Kelas RubaPuan dimulai sejak bulan Juli 2020.

Silabus Sesi 1

Sesi 1 : Ekofeminis 4 July 2020

Ecofeminism, karya Maria Mies & Vandhana Shiva (1993), merupakan literatur penting untuk mengidentifikasi dan memahami hubungan antara penindasan Perempuan dan Perusakan Lingkungan Hidup.

Sesi 2: Ekologi Politik dan Gender 18 July 2002

Staying Alive; Woman, Ecoogy and Survival in India – Vandhana Shiva 1988. Buku ini menggambarkan hubungan krisis ekologis, patriarki, penjajahan dan gender.

Sesi 3 : Pembangunan yang Ekstraktif dan Demokrasi Bumi 1 August 2020
  • Soil Not Oil – Vandhana Shiva 2008. Buku ini mengoreksi pandangan kita tentang diri dan hubungan dengan alam, termasuk pola produksi-konsumsi kita yang mematikan alam.
  • Oneness VS 1% 2020. Oneness atau kesatuan/keesaan symbol bahwa manusia berada dalam satu habitat, satu planet dan satu kemanusiaan.
Sesi 4: The Commons dan Pandemik 15 August  2020
  • The Commons – Giovanna Ricoveri 2013 dengan pengantar dari Vandhana Sihiva. Buku ini memaparkan tentang ruang hidup bersama atau ‘the commons” yaitu sumber daya pendukung kehidupan bersama.
  • Artikel “ecological reflections on the coronavirus” 2020.
Sesi 5 : Workshop menulis Essay 29 August 2020

Workshop penulisan essay akan di bimbing oleh dua penagmpu Ruang Baca Puan yaitu Siti Maimunah dan Haris Retno S. Workshop ini akan memfasilitasi para perempuan muda untuk menuliskan idenya mengenai kondisi terkini yang sedang dihadapi oleh tanah air.