Rara

Rara

Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una una, Provinsi Sulawesi Tengah

Lompatan peristiwa yang berseliweran di benak saya. Tentang berkait-kelindannya hidup, dalam rangka menempatkan pilihan-pilihan. Saya percaya, setiap perjalanan hidup, setiap manusia punya konteks ‘ada’ dan ‘hadir’ pada setiap pilihan.  Saya mencoba untuk menceritakan sekelumit pengalaman, mulai hari ini di Sajogyo Institute, pengalaman yang merepresentasikan aku sebagai aku.

Saat saya membaca leaflet yang dibagikan di Internet, yaitu tentang program yang mengaitkan antara Agrarian dan Pemberdayaan Perempuan. Lantas saya mengahadirkan diri saya di sebuah desa yang entah dimana, sebuah desa yang kritis dan krisis. Lantas apa yang akan saya kerjakan disana? Saya mencari informasi tentnag etnografi dan apa itu lembaga sajogyo Institute. Isu agrarian sendiri bukan wacana baru, semasa kuliah, saya aktif ikut diskusi mengenai ide-ide pembaharu agrarian, apalagi isu perempuan, terkahir saya mengabdikan diri bekerja di sebuah lembaga yang memiliki visi pemberdayaan perempuan.

Saya merasa, beasiswa ini adalah kesempatan untuk belajar, untuk menyaksikan dan merasakan sendiri apa yang selama ini mungkin belum saya rasakan. Tentang kondisi tanah air yang porak-poranda atau tentang perempuan yang menjadi korban atas krisis yang berkepanjangan ini. Kehendak untuk hijrah dan berpindah juga mendorong saya memutuskan untuk hadir di beasiswa. Dan akhirnya saya menjadi salah satu yang keterima di beasiswa ini.

Catatan Etnografi

Baca Berbagai catatan Etnografi Rara Disini

Fotovoice

Lihat Fotovoice Karya Rara

Publikasi

Baca Publikasi dari Rara