Kelompok Belajar

“KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM PERJUANGAN TANAH AIR”
SAJOGYO INSTITUTE, Juni 2016 – Maret 2017

Perjuangan untuk perubahan haruslah merupakan suatu perjuangan (untuk menguasai dan mendapatkan manfaat) atas sumber daya, dan sekaligus perjuangan (untuk memberi dan mempunyai) pemaknaan (atas yang diperjuangkannya itu). Dan, keduanya harus dilakukan dalam sejumlah arena — keluarga, komunitas, dan Negara — dan melintasi ruang-ruang yang dibentuk oleh kekuatan-kekuatan kelas, kasta, agama, dan etnisitas, dan sebagainya (Bina Agarwal 1994).

APA ?
Sepanjang 2016, Sajogyo Institute bermaksud membentuk kelompok belajar untuk memahami  “Kepemimpinan Perempuan dalam Perjuangan Tanah Air”.  Kelompok belajar dimaksudkan untuk memperbanyak pengetahuan yang beredar untuk di kalangan yang berhubungan dengan Sajogyo Institute tentang “kepemimpinan perempuan dalam perjuangan tanah air”.
MENGAPA?
Memperbanyak pengetahuan tentang “kepemimpinan perempuan dalam perjuangan tanah air” sangat penting untuk pegiat di Sajogyo Institute dilakukan agar usaha menggiatkan perjuangan perempuan untuk keadilan agraria menjadi lebih tampak (visible), dan para pegiat lebih mampu menyediakan dukungan yang pas bagi  perempuan yang sedang berjuang dalam berbagai situs perjuangan tanah airnya.
SIAPA?
Kelompok Belajar ini terselenggara atas kerjasama Sajogyo Institute dan The Samdhana Institute. Peserta kelompok belajar yang disasar adalah para fasilitator lapangan pemberdayaan masyarakat, staf dan peneliti di lembaga-lembaga swadaya masyarakat, pemuda-pemudi mahasiswa, maupun dosen-dosen, dengan total jumlah terbatas jumlahnya. Semua dan diharapkan berkomitmen sejak mula untuk dapat mengatur diri untuk mengikuti tiap-tiap sesi acara ini sepanjang waktu pelaksanaan.
KAPAN?
Kelompok belajar akan dilakukan sebanyak 10 putaran sepanjang Juni – Desember 2016. Diskusi akan dilakukan tiap hari Rabu pada minggu kedua atau keempat, setiap bulannya.
DIMANA?
Kelompok Belajar Agraria dan Perempuan ini akan dilaksanakan oleh Sajogyo Institute, dan pada kesempatan pertama akan diselenggarakan di Kantor Sajoyo Institute, Jalan Malabar Nomor 22 Kelurahan Babakan Kecamatan Bogor Tengah 16151. Untuk selanjutnya akan dilakukan di tempat lain, bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang bersedia untuk menyediakan tempat dan fasilitas belajar lainnya.
BAGAIMANA?

Setiap peserta wajib mendaftarkan dirinya sebelum mengikuti kelompok belajar ini melalui e-mail kelompokbelajar.sains@gmail.com. Tersedia formulir yang harus diisi, dan panitia akan menyampaikan pemberitahuan mengenai penerimaan sebagai peserta belajar dan segala sesuatu  informasi berkenaan proses belajar, termasuk naskah-naskah sebagai bahan belajar. Setiap sesinya akan ada naskah-naskah bacaan sebagai bahan belajar  terkait topik yang akan dibahas.

SILABUS KELOMPOK BELAJAR

Sesi Pengantar : Gender dan Perjuangan Tanah Air
Narasumber : Lies Marcoes (peneliti Rumah Kitab) atau Noer Fauzi Rachman (peneliti Sajogyo Institute)

Sesi 1 : Perempuan dalam Perubahan Agraria
Narasumber : Siti Maimunah – aktivis Jatam, peneliti Sajogyo Institute

Sesi 2: Reorganisasi Ruang, Krisis Sosial Ekologi dan Akibatnya untuk Perempuan
Narasumber : –

Sesi 3 : Feminisasi Kemiskinan, Alokasi Waktu, dan Strategi Rumah Tangga Melanjutkan Hidup 
Narasumber : Melani Abdulkadir Sunito – Dosen IPB Fakultas Ekologi Manusia & Fellow The Samdhana Institute

Sesi 4 : Gender dan Hak atas Tanah
Narasumber : Dewi Kartika- Sekretaris Jendral Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA)

Sesi 5: Tutur Perempuan
Narasumber : Mia Siscawati- Ketua Program Studi Kajian Gender UI

Sesi 6 : Perlawanan Perempuan dalam Perjuangan Agraria
Narasumber : Suraya Afiff – Dosen Antropologi UI

Sesi 7 : Filsafat Badan
Narasumber :