Pelatihan Keamanan Digital Bagi Perempuan Aktivis Lingkungan

Di era digital, media sosial menjadi ruang yang paling intens untuk sarana berkomunikasi masyarakat termasuk oleh aktivis lingkungan. Jargon “media sosial dapat mendekatkan jarak yang jauh” menjadi relevan. Namun media sosial juga memiliki kelemahan, seperti potensi peretasan data yang berujung pada penyebarluasan informasi pribadi kepada pihak tertentu bahkan ke publik luas, kriminalisasi, korban penipuan dan lainnya. Peretasan ini bisa terjadi pada siapapun, diantaranya oleh Ravio Patra dan Denny Siregar.
Selengkapnya

Selamatkan Air, Pulihkan Kehidupan Perempuan

Jakarta, 22 Maret 2021 – Memperingati hari air dunia, TKPT mendukung GAGGA (Global Alliance for Green and Gender Action) bersama perempuan di komunitas akar rumput dari Asia, Afrika dan  Amerika Latin menyerukan  penghentian perusakan sumber-sumber dan badan air serta menuntut pemulihan atas krisis air akibat aktivitas industri ekstraktif khususnya pertambangan dalam kampanye hari air “Kita, Perempuan adalah air”.
Selengkapnya
Kampanye “Kita, Perempuan adalah Air” 2021
Pada Hari Perempuan Internasional (8 Maret) lalu, Global Alliance for Green and Gender Action (GAGGA) meluncurkan kampanye “Kita, Perempuan adalah Air” untuk menyoroti  tuntutan dan aksi perempuan dalam memastikan ketahanan air menghadapi perubahan iklim. Kami akan memposting satu atau dua cerita setiap hari melalui akun media sosial sampai pada Hari Air Sedunia (22 Maret), fokus pada komunitas yang didukung GAGGA di Afrika, Asia dan Amerika Latin
Selengkapnya
Bertemu Kolektif Ruang Baca Puan

Siang kemarin (23/01/2021), Ruang Baca Puan kolektif bertemu pertama kalınya di 2021. Kami perempuan bersepuluh, dengan beragam umur, profesi, agama, pendidikan, dan sebaran geografi, yang disatukan oleh Ruang Baca Puan dan ekofeminis. Sayang dua diantara kolektif belum bisa bergabung dalam pertemuan daring ini, Fiqoh lagi pusing sebagai pengurus RT di kampung saya di propinsi Banten sana, sementara Sartika harus berdamai dengan tubuhnya yang sedang hamil muda di pulau Sulawesi bagian Selatan sana.
Selengkapnya

Merayakan Hari Ibu 2021, Ruang Baca Puan Membuka Beasiswa Sekolah Literasi Ekofeminis

(Samarinda, 19/12/2021). Pada peringatan hari Ibu, 22 Desember, enam tahun lalu, putra Rahmawati, M. Raihan  Saputra (9 th) yang duduk di kelas 3 Sekolah Dasar, ditemukan meninggal di lubang tambang batubara. Tak berhenti disitu, Hingga 2020, ada 39 orang, paling banyak pelajar SD dan SMA juga meninggal di lubang tambang batubara di Kalimantan Timur. Fakta ini mengingatkan kita: anak-anak, rahim perempuan, keluarga yang tinggal di wilayah eksploitasi alam, 
Selengkapnya